PROFIL SEKOLAH

PROFIL SEKOLAH DAN KEBUTUHAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
A. Profil Sekolah
1. Profil Sekolah Secara Umum

A. Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Tempel
B. Tahun Pendirian : 1967
C. Alamat Sekolah : Jln. Magelang km. 17, Ngebong Margorejo Tempel Sleman
D. Nama Kepala Sekolah : Drs. Fatchurrohman, M.Pd.I
Pendidikan tertinggi : S2
Program : Pendidikan Agama Islam
Tahun mulai menjadi kepala sekolah : 2002
E. Nama Ketua Dewan Sekolah : Muhdi Hermanto, S.Pd.
Pendidikan Tertinggi : S1
Program : Bimbingan Konseling
Lama masa jabatan sebagai Ketua Dewan Sekolah : 4 Tahun
F. Tipe sekolah (SMP) : SMP Negeri
G. Ranking sekolah di tingkat kabupaten tahun ini :

H. PERKEMBANGAN JUMLAH MURID DALAM 3 TAHUN TERAKHIR
TAHUN KELAS TOTAL
I II III
2008/2009 211 216 217 644
2009/2010 216 211 211 638
2010/2011 216 213 197 626

I. ROMBONGAN BELAJAR DAN RUANG KELAS TAHUN TERAKHIR (2009-2010)
ROMBONGAN BELAJAR DAN RUANG KELAS KELAS TOTAL
I II III
Rombongan Belajar 6 6 6 18
Ruang Kelas 6 6 6 18
J. JUMLAH MURID TINGGAL KELAS 3 TAHUN TERAKHIR
TAHUN KELAS TOTAL
I II III
2008/2009
2009/2010 0
2010/2011 6 1 0 7
K. JUMLAH MURID DROP OUT SELAMA 3 TAHUN TERAKHIR
TAHUN KELAS TOTAL
I II III
2008/2009 0 0 0 0
2009/2010 0 0 0 0
2010/2011 0 0 0 0
L. JUMLAH MURID NAIK KELAS DAN LULUS 3 TAHUN TERAKHIR
TAHUN KELAS TOTAL
Dari kelas I ke kelas II Dari kelas II ke kelas III Lulus dari kelas III (persentase lulus)
2008/2009
2009/2010
2010/2011 209 212 197
M. SUMBANGAN ORANG TUA MURID DAN KOMITE SEKOLAH DALAM 3 TAHUN TERAKHIR
STATUS DALAM RUPIAH TOTAL
RUPIAH
2007/2008 2008/2009 2009/2010
PNS
Petani
Tentara
Pedagang
Lainnya

N. TENAGA KEPENDIDIKAN
Tingkat pendidikan dan statusnya (Tenaga tetap dan tidak tetap)

1. Jumlah Tenaga Pengajar (Guru)
TINGKAT PENDIDIKAN STATUS TOTAL
PNS Guru Kontrak Guru Yayasan Guru Honorer
S3 – – – – 0
S2 4 – – – 4
S1 30 – – 30
D4 – – – – 0
D3 2 – – – 2
D2 1 – – – 1
TOTAL 37 0 0 37

2. Jumlah Tenaga Administrasi
TINGKAT PENDIDIKAN STATUS TOTAL
PNS Yayasan Honorer
S3 – – – –
S2 – – – –
S1 2 – – 2
D4 – – – –
D3 – – – –
D2 – – – –
D1 – – – –
SMA 4 – 6 10
TOTAL 6 – 6 12

O. KEADAAN FASILITAS SEKOLAH
NO FASILITAS SEKOLAH JUMLAH (unit) LUAS (m2) per unit Pemilik Kondisi

1. TANAH
a. Tanah ditempati 1 495 Pem. Desa Baik
b. Tanah tidak ditempati
c. Tanah untuk kegiatan praktek
d. Tanah untuk pengembangan

2. RUANGAN
a. Ruang akademik
1) Ruang Kelas 18 Baik
2) Laboratorium sains 2 Baik
3) Lab Komputer 2 Baik
4) Lab Bahasa
5) Lab …
6) Ruang Olah Raga
7) Perpustakaan 1 Baik
8) Ruang Seni 1 Cukup
9) Ruang Ketrampilan 1 Cukup

b. Ruang Non Akademik
1) Ruang Kepala Sekolah 1 Baik
2) Ruang Wakil Kepala Sekolah
3) Ruang Guru 2 Baik
4) Ruang Reproduksi
5) Ruang Tata Usaha 2 Baik

c. Ruang Pelengkap
1) Ruang Ibadah 1 Baik
2) Ruang koperasi sekolah 1 Baik
3) Ruang pramuka dan PMI
4) Ruang Konseling
5) Ruang serbaguna
6) Toilet 12 Baik
7) Ruang Kesehatan Murid 1 Baik

3. FURNITURE
a. Furniture Akademik Baik
b. Furniture non-akademik Baik
c. Furniture Pelengkap Baik

4. AUDIO VISUAL AID UNTUK PENDIDIKAN
(AVA FOR EDUCATION)
a. AVA untuk sains
b. AVA untuk ilmu sosial
c. AVA untuk matematika
d. AVA untuk ketrampilan
e. AVA untuk lainnya

5. BUKU-BUKU
a. Buku untuk materi pokok (untuk guru dan murid)
1)
2)
3)
4)
5)
b. Buku pelengkap
c. Buku bacaan
d. Buku referensi
P. PRESTASI SEKOLAH DAN MURID
NO KEJUARAAN JENIS KEJUARAAN TINGKAT
Kab/Prov/Nas/ Internasional TAHUN

A. AKADEMIK
1. Juara III CCA Ligkungan hidup Kabupaten 2006
2. Harapan II Lomba permuseuman Kabupaten 2008
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.

B. NON AKADEMIK
1. Juara II MTQ Putra MTQ Propinsi 2008
2. Juara I MTQ MTQ Korwil 2010
3. Juara I Pidato MTQ Korwil 2010
4. Juara I MSQ MTQ Korwil 2010
5.
6.
7.
8.
9.
10.

2. Profil Sekolah Ditinjau Dari Delapan Standar Nasional Pendidikan
a. Standar Kompetensi Lulusan
Secara umum Standar Kompetensi Lulusan dapat dipenuhi dengan baik mengingat adanya permendiknas yang dapat dipakai untuk rujukan dalam pelaksanaan. Namun bila dilihat dari kemampuan guru untuk melaksanaka bedah SKLmasih sangat perlu ditingkatkan. Hal ini dimaksudkan agar sejak awal dalam proses pembelajaran benar-benar terukur tujuan yang akan dicapai.
b. Standar Proses
Berkaitan dengan peserta didik baru pada awaltahun diadakan kegiatan masa orientasi siswa untuk membekali pengenalan siswa terhadap sekolah. Dari 216 peserta didik baru semuanya dapat mengikuti dengan baik. Sedeangkan untuk peserta didik kelas VIII dan IX diadakan pembinaan karakter kebangsaan. Dari segi kualitas input siswa biasanya cenderung berkemampuan menengah ke bawah dengan nilai nem masuk berkisar 20,0 sampai dengan 26,50.
Dalam proses pembelajaran sudah mengacu pada permendiknas tentang standar proses, meskipun belum sepenuhnya. Kegiatan remidi juga telah diprogramkan namun belum bias berjalan optimal. Dalam pelaksanaan pembelajaran juga masih perlu peningkatan ketrampilan guru dalam menggunakan vareasi metode dan pendekatan pembelajaran.
Dalam aspek pengawasan proses pembelajaran juga telah dilaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi baik dari dalam sekolah maupun dari luar sekolah seperti dari pengawas sekolah dan pengawas mata pelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan inimal satu kali dalam satu semester. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini belum sepenuhnya berjalan baik dan masih perlu ditingkatkan.
Sekolah telah berusaha memotivasi guru untuk memanfaatka media pembelajaran yang ada serta melengkapi kebutuhan media pembelajaran yang diperlukan. Aspek yang masih perlu ditingkatka salah satunya adalh kemampuan guru dalam pemanfaatan media yang ada.
c. Standar Isi
Sekolah telah menyusun Kurikulum SMP Negeri I Tempel dan pernah diadakan uji public kurikulum. Secara umum buku 1 dan buku 2 telah tersusun namun perlu pencermatan lebih lanjut. Hal ini untuk memastikan agar kurikulum yang disusun sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tantangan yang ada.
d. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Dari aspek kompetensi professional guru sebagian besar atau sekita r 90 % telah tersertifikasi namun tetap perlu peningkatan kinerja. Guru juga masih perlu disegarkan tentang tugas pokok dan fingsi guru agar dapat berkinerja lebih baik. Kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, serta evaluasi pembelajaran juga masih perlu peningkatan untuk menghasilkan proses pembelajaran yang berkualitas.
Berkaitan kompetensi pedagogis guru masih perlu pemahaman tentang vareasi metode pembelajaran serta pendekatan yang digunakan. Ada sebagian guru yang masih monoton dan belum berbasis PAIKEM. Proses penilaian juga masih perlu digarap untuk mendapatkan prosedur penilaian yang mantap dan berkualitas.
Dalam hal kompetensi sosial guru sudah cukup baik. Hali ini terlihat dari tidak adanya guru yang mengalami hambatan dalam interaksi social baik di sekolah maupun masyarakat. Sebagian guru juga sudah ada yang mengembangkan media pembelajara sendiri dengan memanfaatkan lingkungan sekolah. Juga termasuk implementasi pendidikan karaktersebagian besar guru telah mencoba untuk implementasinya.
Kondisi ini juga didukung dengan kepemimpinan sekolah yang adaptif dan memperhatikan aspirasi yang berkembang, sehingga permasalahan dapat diselesaikan dengan penuh kebersamaan. Juga berkaitan kemampuan TIK hamper seluruh pendidik dan tenaga kependidikan telah mampu mengoperasikan komputer sehingga dapat memperlancar tugas-tugas sekolah.
Satu hal yang perlu digagas dan dilaksanakan adalah kegiatan lesson study untuk memacu guru dalam upaya pembelajran yang inovatif. Hal ini perlu mengingat pentingnya diskusi dan musyawarah guru mapel untuk merumuskan pembelajaran yang efektif. Tanpa sumbang saran teman sejawat rasanya pembelajaran inovatif sulit terwujud.
e. Standar Sarana dan Prasarana
Secara umum sarana dan prasarana sekolah sudah memadahi tingal pengelolaannya yang perlu ditingkatkan. Peralan TIK penunjang kerja dan KBM sudah memadahi. Dari 18 kelas sudah 15 kelas terpasang LCD potabel dan sudah dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Termasuk tersedianya buku ajar, buku LKS, buku referensi juga cukup tersedia. Alat–alat laboratorium juga sudah lengkap dan memadahi termasuk ketersediaan bahan habis pakai juga cukup memadahi.
f. Standar Pengelolaan
Dalam Standar ini sekolah sudah menyusun RKS dan RKAS sekolah termasuk juga RAPBS sekolah. Untuk RAPBS saat ini dalam proseslegalisasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olagraga. Sekolah juga telah menjalin kemitraan dengan instansi atau lembaga terkait untuk mendukun program sekolah.
g. Standar Penilaian
Secara umum penilaian sudah dapat dilaksanakan dengan baik, muai ulangan harian, tengah semester, Akhir semester, kenaikan kelas, serta ujian sekolah dan ujian nasional. Pendokumentasian juga sudah berjalan. Aspek yang perlu ditingkatka adalah kemampuan dalam penyusunan perangkat soal yang baik. Hal ini untuk mendukung peningkatan kualitas alat ukur yang digunakan.
h. Standar Pembiayaan
Dalam pembiayaan sekolah telah memaksimalkan dana Bos yang ada, dan sekolah masih mengalami kesulitan dalam memanfaatkan dana tersebut sehingga kadang masih ada dana yang tidak terserap. Hal ini menunjukkan masih per peningkatan tentang kemampuan pengelolaan keuangan sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: